KEHEBATAN INDONESIA DI MATA DUNIA





1. Star 50 Buatan PT PAL Indonesia merupakansalahsatukapalterbaik di dunia
Kapal Star 50 memilikiPanjang 189.840m &lebar 30.50m merupakanslahsatukapalterbaik di duniauntukkelas 50.000 ton dansepenuhnyahasilrancangbangunputra-putri Indonesia.Menggunakankandunganlokal 35 % 45 % denganbahan-bahanberkualitastinggi.Azurite Onvest Ltd, British Virgin ILand, SingapuraadalahsalahsatuygmemesankapaljenisinisetelahHongkong (4 unit), Jerman (2 unit), Turki (2 unit).

2. Toyota KijangInnova, Mobil terpopuler di UniEmirat Arab. Sepenuhnyadiproduksi di Indonesia
UniEmirat Arab, siapasangkakalo di Negara ygbanyakmendatangkanmobil-mobilmewahduniaitu, Toyota Innovajustrumerupakanmobilterpopuler di sana. Hebatnyaternyatatidakadatempat di duniaygmemproduksimobiliniselain di Indonesia.Berbagaiperusahaanotomotifjepangdiam-diamtelahmenempatkan Indonesia sebagai basis produksiuntukpasarLuarnegriygtentumelibatkanbanyakinsinyurdantenagaahli Indonesia.

3. Airbridge (tanggabelalaimenujupintupesawat) yang terkenal di bandaraduniapertamakalidibuatoleh PT BukakaTeknikUtama, Indonesia
Wajibaganketahuikalo Aircraft Passenger Boarding Bridge (Airbridge) pertamakalodiciptakanolehperusahaanindustri di Indonesia yaitu PT BukakaTeknikUtama.Perusaaninibergerak di pembuatanAirbridge.Padaawalnyaperusahaaniniberbentuksebuahbengkelkecildiataslahanseluas 3.000 M2 denganluasbangunan 1.000 M2 denganperalatansederhanaseperti 4 buahmesinlas, sebuahmesinbubut, sebuahgenset 65 KVA danbeberapaperalatanlainya.

4. Knalpot Mercedes Benz adalahbuatan Indonesia (industrinyaberada di Purbalingga)
Industriknalpotmobilygberada di Purbalingga, di percayamenjadipemasokprodusen Mercedes Benz karenadinilaipunyakualitasbaik.Perusahaan mewahasalJermantersebutmemesansebanyak 1.000 unit knalpot.Pemesananinisudahberjalansejaktahun 2004.setiapknalpotterdiridari 2 bagian. HargaperunitsebesarRp 2 juta.Terakhirpihak Mercy sudahmemesanlagiknalpotsebanyak 1.000 unit mobilseriterbarunya.

5. SeragamSerdadu NATO diproduksioleh PT Sritex, Solo, Jawa Tengah
Sobat tau gakkaloseragammiliter North Atlantic Treaty Organization (NATO) ygdipakairatusananggotamiliterbaikEropa, Amerikadan Asia menggunakanseragambuatanpabrik yang berlokasi di Skoharjo.ProdukSritextelahdiakuimemenuhistandar NATO sehinggadipercayamemproduksiseragammiliteranggota NATO. Perusahaan inijugamelayanipembuatanseragammiliteruntuk 25 negara (Indonesia, Australia, Brunei, Kamboja, Siprus, Inggris, Jerman, Kuwait, Lebanon, Nepal, Oman, Qatar, Swiss dll)

6. Gamelan MenjadiKurikulumSekolah Di New Zealand, Singapura, JepangdanAmerikaSerikat
Gamelan ternyatatelahmenjadisalahsatukurikulumtetap di New Zealand School of Music (NZSM) dengankodematakuliah PERF250 – special Indonesian Gamelan. Padath 2011 jumlahmahasiswamencapai 23 orang melebihibatasmaksimalyaitu 18 orang. Di Singapura Gamelan dijadikansebagaimatapelajaranwajib di sekolahdasar.Sementara di Amerika Gamelan Jawasudahterkenal di berbagaiUniversitasunggulan, seperti di Berkley, San Jose University, Lewis and Clark College, Michigan dll. Di Jepang gamelan jugaudahjadi media ajar di berbagaiuniversitas.

7. Brand Internasional Gucci & Christian Dior menggunakanbahanbakukaintenunasli Indonesia
Brand Internasional Gucci & Christian Dior menganggaptenun Indonesia sangatberhargakarna handmade (buatantangan). Itulah yang membuat brand internasionalsepertimerekamaubekerjasamadenganpengerajin Indonesia danmenjadikebanggaanmelihatkainasli Indonesia tampil di runway designer internationalmulaidari Milan, Paris dan London.

8. Batik Indonesia Mendunia
Batik sudahadasejakkerajaanjamandulu di Indonesia ,dimanadulu batik merupakankesenian/kerajinankebudayaankeluargakerajaan, terutama di pulaujawa. SelainituseorangDesainer batik NusjirwanTirtaamidjaja (IwanTirta) karya-karyabatiknyadisukaidandipakaiolehbeberapakepala Negara sepertiRatu Elizabeth II, Ratu Sophie dariSpanyol, Ratu Juliana dariBelandabahkan Bill Clinton.

9. Bahasa Indonesia dipelajarilebihdari 45 Negara di dunia
Walaupun yang paling efektifmerubahcitraadalahmerubahrealitas, namunperanbudayadanbahasa Indonesia dalamdiplomasisangatkrusial. Tingginyaminat orang asingbelajarbahasadanbudaya Indonesia harusdisambutpositif.Kalauperlu Indonesia menambahPusatKebudayaan Indonesia di sejumlahnegara, gunamembangunsalingpengertiandanperbaikicitra .
DirekturJenderalInformasidanDiplomasiPublikDepartemenLuarNegeriAndriHadimengemukakanhalituketikatampilpadaplenoKongres IX Bahasa Indonesia, yang membahasBahasa Indonesia sebagai Media DiplomasidalamMembangun Citra Indonesia di DuniaInternasional, Rabu (29/10) di Jakarta. “Saatiniada 45 negara yang adamengajarkanbahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, danbanyaknegaralainnya,” katanya. Mengambilcontoh Australia, AndriHadimenjelaskan, di Australia bahasa Indonesia menjadibahasapopulerkeempat.Ada sekitar 500 sekolahmengajarkanbahasa Indonesia.Bahkan, anak-anakkelas 6 sekolahdasarada yang bisaberbahasa Indonesia.

10. KeunikanAngkadalamBahasa Indonesia
Faktaunikternyataditemukandalampolasederetanangka.setiapnegara, bangsa, dandaerahpastimemilikipenyebutansendiriuntukangka-angkadarisatu, duasampaidengansepuluh.
Misalnyaangkatigakitamenyebutnya di Indonesia, tapi di negara lain ada yang menyebutnya tri, three, san, toludan lain sebagainya.
Bahkanbilaada yang masihingatangka-angkatersebutdalambahasadaerah, makaterkadangadaangka yang penyebutannyasamadanada pula yang berbedadenganBahasa Indonesia.



1= Satu
2 = Dua
3 = Tiga
4 = Empat
5 = Lima
6 = Enam
7 = Tujuh
8 = Delapan
9 = Sembilan



Ternyatasetiapbilanganmempunyaisaudaraditandaidenganhurufawal yang sama. Bilakeduasaudarainidijumlahkanangkanya, makahasilnyapastisepuluh.ContohnyaSatudan Sembilan mempunyaihurufawal, yaitu S, danbiladijumlahkansatudansembilanhasilnyaadalahsepuluh.

INFO UNIK
1.      Jikasatubuahapel yang matangdisimpanbersamaapel-apel lain yang belummatang, makasiapelmatangdapatmenularkankematangannyakepadaapel-apel lain. Itukarenaapelmatangmengeluarkan “zat ethylene”.
2.      Ratusantahunlalu di Eropa, jaringlaba-labadigunakansebagaipembalutlukauntukmenghentikanlukaberdarah.
3.      Buah, daun, biji, dankulitalpukatberbahayabagihewan-hewantertentu, sepertiburung, kucing, anjing, kudadansebagainya. Merekabisasakitdanbahkanmatikalaumakanalpukat.
4.      Patung Liberty berdiri di pulau Liberty. Dulu, sebelumadapatung Liberty pulauitubernamapulau Bedloe.
5.      Ketikabayidiajakberenang, iaotomatisakanmenendangdanmengayuh. Gerakanotomatisitudisebut reflex primitif. gerakanreflex primitifbayisaatberenangituakanhilangpadaumur 4-6 bulan.
6.      Seorangpenjelajah Italia mencatat, salahsatuwahanabianglala yang pertamaditemukan, terdpatdisebuah festival Ramadhan di Istanbul Turki, padatahun 1615.
7.      Kacang mete dijaltanpajangkang, soalnyacangknagnyamengandungminyak yang beracun.
8.      Ikantercepat di duniaadalahikanlayaranIsthiophorusplatypterus. Kecepatannya 110 km/jam. Itulebihcepatdaripada cheetah, hewantercepatdidarat.
9.      Penyubelimbingmenyelanlebihdalamdaripadapenyu-penyulain, yaitusampaikedalaman 1280 meter danmampubertahan di kedalamanselama 85 menit.
10.  Geta (bakiak) adalah alas kaki tradisionaljepang yang terbuatdarikayu. Biasanyadipakaidiluarruangansewaktumemakaiyukataatau kimono. Getajugadipakaisewaktubekerjadisawah. HaktinggipadaGetamemudahkanpemakainyaberjalanmelewatijalanbecek. Jadi, kaki dan kimono tetapbersihdankering.

0 comments:

Komentar

Topics :